Ciri-ciri Ambeien Yang Sering di Abaikan Penderitanya

Ciri-ciri Ambeien Yang Sering di Abaikan Penderitanya – Penyakit ambeien atau wasir merupakan kelainan sekitar rectum atau anus. Penyebabnya adalah adanya penyumbatan jaringan dan organ pada bagian tersebut. Ambeien muncul akibat pola hidup yang kurang sehat terutama kurangnya makanan kaya serat dan kurang minum. Selain itu banyak duduk dan bekerja mengangkat beban berat juga menjadi pemicu penyakit ambeien. Lalu seperti apakah gejala ambeien atau ciri-ciri ambeien yang mungkin sering anda abaikan?

Inilah Ciri-ciri Ambeien Yang Perlu di Ketahui

Wasir atau ambeien ada 2 jenis, yaitu ambeien dan ambeien luar. Berikut adalah ciri-ciri ambeien berdasarkan jenisnya.

Ciri-ciri Ambeien Dalam

Pembuluh darah yang terkena berada di bagian dalam liang rektum / anus yang letaknya lebih tinggi sehingga tidak terlihat dari luar, bahkan kitapun tak bisa merasakannya. Umumnya tidak terasa sakit, karena hanya ada sedikit saraf nyeri di sana. Ketika sudah ada pembuluh darah yang pecah karena rapuh, maka pendarahan adalah satu-satunya gejala yang dapat kita amati ketika buang air besar. Ketika sudah berukuran besar, maka wasir bisa menonjol keluar (prolaps) dan terasa mengganjal. Tingkat keparahan gejala akan sesuai dengan derajatnya.

ciri-ciri ambeien

ciri-ciri ambeien

Berikut gejala ambeien dalam yang kerap kali dirasakan:

BAB Berdarah.

Jika Anda melihat sejumlah kecil darah di atas kertas toilet setelah buang air besar, atau melihat darah di feses Anda, maka salah satu penyebabnya adalah ambeien. Darah ini biasanya berwarna merah terang.

Prolaps.

Dalam beberapa kasus, wasir akan mengalami prolaps (menonjol keluar melewati liang anus), yang mengharuskan penderita menekan prolaps tersebut agar kembali masuk. Namun pada tahap awal, prolaps akan masuk dengan sendirinya. Lebih lanjut dijelaskan dalam derajat hemorrhoid.

Gatal pada rektum.

Rasa gatal baik pada rektum atau di anus bagian dalam adalah salah satu gejala wasir yang paling umum dan menjengkelkan. Selain menggangu, kondisi ini juga bisa berisiko menyebabkan infeksi jika kulit pecah akibat garukan.

Pembengkakan.

Banyak penderita wasir mengalami pembengkakan di daerah anus. Hal ini disebabkan oleh adanya gesekan dan iritasi jaringan prolaps.

Berdasarkan derajatnya, berikut ciri-ciri ambeien yang dapat kita amati:

Hemorrhoid Derajat I: Tidak ada prolaps, hanya pembuluh darah yang menonjol tidak sampai melewati liang anus.

Hemorrhoid Derajat II: Prolaps melewati liang anus, tapi bisa kembali lagi dengan sendirinya.

Hemorrhoid Derajat III: Prolaps melewati liang anus, membutuhkan bantuan tangan untuk memasukkannya kembali.

Hemorrhoid Derajat IV: Prolaps tidak bisa dikembalikan lagi secara manual.

Ciri-ciri Ambeien Luar

Pada wasir luar, pembuluh darah yang mengalami pelebaran berada di bawah kulit di sekitar anus, di mana ada lebih banyak saraf sehingga akan terasa sakit. Rasa sakit merupakan gejala ambeien luar yang lebih menonjol dibandingkan dengan perdarahan. Secara lebih rinci, berikut ciri-ciri dan gejala ambeien luar: Sakit di sekitar anus. Gatal di sekitar anus atau daerah dubur. Benjolan di dekat atau di sekitar anus. Buang air besar disertai darah (*). Bekuan darah bisa terbentuk pada ambeien luar, warnanya akan berubah menjadi ungu atau biru. Ini disebut trombosis. Bisa terasa sakit dan gatal dan bisa berdarah ketika lapisan pembuluh darah menjadi rapuh. Untuk solusipengobatannya silahkan baca juga artikel tentang obat ambeien.